Tutorial dan panduan, tips dan trik, seputar android www.kreasiandroidku.blogspot.com

Cara membuat font sendiri

Cara Membuat Karakter Font Sendiri

Cara Membuat Gaya Font Sendiri

Cara Membuat Style Model font Sendiri Di Android

Font bikinan sendiri dipasang pada picsaypro

Font adalah desain grafis yang diterapkan pada kumpulan angka, simbol dan karakter. Ada banyak sekali jenis jenis font yang bisa kita jumpai dan bisa kita pakai untuk berbagai kebutuhan dalam hal pembuatan text tulisan atau hanya untuk sekedar mempercantik tampilan teks saja pada hp,pc dan sejenisnya.
Jenis jenis font yang sering kita jumpai contohnya : jenis font yang sering digunakan untuk penulisan karaya ilmiah yaitu SERIF DAN SAN SERIF ( Times New Roman, Bookman Old Style, Cambria,Arial, Calibri, Impact, Tahoma, dan lain sebagainya.)
Selain dari kedua jenis font tersebut juga masih ada banyak lagi jenis jenis font yang sering kita jumpai, tentunya yang lebih bergaya, seperti jenis font pada gambar dibawah ini. Jenis jenis font ini biasanya di gunakan untuk teks pada edit foto atau quotes pada sebuah gambar.

Dan pada artikel ini, Kreasi Android akan memberikan tutorial cara membuat font sendiri di hp android.
Tentunya dengan membuat font sendiri dan di pakai sendiri itu lebih memiliki kebanggaan tersendiri, meskipun sudah banyak jenis font keren yang tersedia.

Oke.. Sebetulnya untuk membuat font ini kita bisa mengerjakannya di berbagai perangkat, Namun karena Kreasi Android adalah blog android, jadi tutorial disini kita gunakan smartphone android.

Untuk membuat font sendiri di Android maka kita harus instal aplikasi Autodesk Sketchbook pro apk. Jika kalian belum punya Autodesk sketchbook pro silahkan download DISINI. Aplikasi ini nantinya kita gunakan untuk membuat atau menulis/menggambar karakter huruf yang kita inginkan dengan model sesuai karakter huruf kita sendiri.

Setelah kalian sudah instal Autodesk sketchbook pro, selanjutnya sobat kreasi silahkan kunjungi situs calligraphr DISINI.
Pada situs tersebut klik LETS GO seperti gambar berikut

KA sarankan kalian gunakan browser Chrome dan ubah ke tampilan situs desktop. Silahkan kalian register dulu di calligraphr, gratis. Selesaikan register dengan betul sampai kalian kemudian login ke calligraphr.

Setelah kalian login ke calligraphr, kemudian pada calligraphr kalian klik START APP, kemudian pilih CREATE A TEMPLATE seperti gambar berikut


kemudian klik menu yang ada diatas sebelah kiri yang gambarnya ikonnya garis tiga. Kemudian pilih MINIMAL ENGLISH.

Selanjutnya klik DOWNLOAD TEMPLATE, silahkan kalian download template font nya dalam bentuk gambar png.

Setelah kalian sudah download templatenya, selanjutnya silahkan kalian modifikasikan setiap karakter hurufnya pada template font tersebut. Untuk memodifikasinya silahkan gunakan autodesk sketchbook pro yang sudah kalian instal. Berikut contoh hasil modifikasi template font oleh Kreasi Android
Perlu diperhatikan, ketika kalian membuat karakter hurufnya, kalian harus menyesuaikan tinggi setiap hurufnya sesuai tinggi sampel huruf pada templatenya.

Setelah kalian sudah selesai memodifikasi dan menyimpan templatenya, kemudian kalian kunjungi lagi calligraphr dan dalam keadaan sudah login. Pada calligraphr kalian pilih MY FONT - UPLOAD TEMPLATE.

kemudian uploadlah gambar template font yang sudah kalian modifikasi dan jangan lupa centang AUTOMATICALLY CLEAN TEMPLATE. Setelah proses penguploadan selesai kemudian pilih ADD CHARACTERS TO YOUR FONT.

Sampai tahap ini berarti kalian sudah berhasil membuat font sendiri.

Langkah selanjutnya kalian klik/pilih BULD FONT, silahkan kalian klik BUILD.

jangan lupa beri nama font nya. setelah font kalian selesai dibuat/build, maka kalian akan mendapati tampilan preview dari font yang telah kalian ciptakan.
Adapun untuk mendownload font tersebut silahkan kalian klik saja nama font nya yang berwarna biru.
SELESAI....!

Font bikinan sendiri dipasang pada pixellab


Bagaimana font tersebut diterapkan untuk dijadikan sebagai tampilan font hp kita? Untuk menerapkannya pada hp maka terapkanlah sesuai hp nya.
NB: tidak semua hp bisa gonta ganti font dari download.

Adapun jika kita ingin menerapkan font tersebut pada aplikasi edit foto seperti picsay pro atau pixellab, maka tinggal kita pindahkan saja font tersebut yang sudah di download, pindahkan ke folder "font". Jika belum ada folder font, maka buat folder font dulu.
Dan cara menemukannya font tersebut pada aplikasi semisal picsay pro atau pixellab, maka pada menu pilihan font pilih saja my font, pada my font tersebut maka ada font kita.

Untuk lebih jelasnya silahkan kalian tonton videonya berikut ini.



Share:

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.